Senin, 01 Maret 2010

POTENSI BUDAYA PAPUA




POTENSI BUDAYA PAPUA

Papua sangat terkenal dengan berbagai macam tradisi dan budaya yang sangat unik. Yang begitu membuat banyak orang akan kagum dari seni Musik tari dan ukiran.

  • Seni musik
Pertunjukan musik papua dapat membuat nurani setiap orang  bergetar dan  harus mengikuti spirit dari lagu tradisi papua, sebab di dalam lagu-lagu yang dinyayikan banyak mengandung makna yang mendalam, sebagai contoh lagu “seya seyo…sibye” dapat mengambarkan situasi kebersamaan antara sesama suku yang saling hormat menghormati.
 Papua memiliki begitu banyak potensi lagu-lagu daerah yang disatukan dengan berbagai alat musik yang begitu tradisional seperti  Tifa, jimbe, wood block, digiridu, bowl, dan jukulele. Jika alat musik ini di satukan akan terdenagar suatu kesatuan musik yang dapat membuat banyak orang akan tekagum dengan Musik papua yang luar biasa.









  • Seni Tari
Dari segi tari papua memiliki tarian yang begitu mempesona, dilihat dari tarian yang masing – masing memiliki arti tertentu. Contoh yospan ( yosim pancar) ini adalah salah satu tarian khas papua yang merupakan tarian ini adalah tarian keakraban yang di lakukan oleh pasang-pasangan laki-laki dan perempuan muda yang menggambarkan sukacita, kebahagian, kasih sayang, dan kebersamaan masyarakat papua. Tarian bukan saja dilakukan oleh orang-orang muda terkadang orang tua pun ikut,,, tarian Yospan ini sering juga dilakukan untuk menyambut acara-acara besar, seperti penyambutan presiden, bupati dll.
Ini adalah tarian kebanggan masyarakat papua dan juga merupakan aset berharga masyarakat papua yang selalu di banggakan. Tarian ini bukan hanya terkenal di papua atau Indonesia, tetapi tarian ini sudah terkenal bahkan sampai mancan Negara dan banyak masyarakat asing yang tau tantang tarian ini dan mereka sangat senang menyambut tarian ini.

  • Seni Ukir
Papua sangat kaya dengan ukiran-ukirannya, yang begitu tradisional tetapi memiliki nilai kerumitan dan seni yang sangat tinggi. Sebagai contoh seperti ukiran perahu, patung – patung (patung bitoro) , ukiran ASMAT, dll.
Yang membuat ukiran khas papua unik adalah bagaimana cara seorang seniman papua membuat patung-patung itu sangat berbeda dengan seniman- seniman lain.
Waktu pembuatan patung atau seni ukir yang lain kelebihan dari seorang seniman papua adalah ketika di melihat sepotong kayu dia sudah dapat membayangkan bagaimana hasil dari patung tersebut. Seperti sudah menyatu dengan alam… berbeda jika seniman lain membuat ukiran patung memakai sketsa., seniman tradisional papua mengukir patung – patung tanpa melihat sketsa mereka dengan membayangkan hasilnya.. akan terjadi.
 Ini yang membuat ukiran khas papua terkenal sampai ke mancan Negara dan membuat para turis local maupun asing dating ke papua untuk membeli ukiran – ukiran khas papua seprti ukiran Asmat dll.  ini juga merupakan omset yang sangat besar yang bisa di dapat oleh masyarakat papaua….





COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “POTENSI BUDAYA PAPUA”

Poskan Komentar