Sabtu, 02 Januari 2010

Prinsip kerja Motor Listrik, sejarah motor listrik dunia industri dan aplikasinya di dunia industry


Prinsip kerja Motor Listrik, sejarah motor listrik dunia industri
dan aplikasinya di dunia industry


Eligius kenharvey jamco
Universitas Gunadarma, Jakarta


Abstraksi : : paper ini berkaitan dengan masalah prinsip kerja motor listrik ( Generator Listrik) dimana Generator listrik ini berperan untuk memanfaatkan energi mekanik menjadi energi listrik. Dengan bantuan alam dan juga magnet. Kebalikan konversi energi listrik menjadi energi mekanik, yang dilakukan oleh sebuah motor, motor dan generator memiliki banyak kesamaan. Dan juga paper ini membahas Manfaat dari Generator listrik dalam dunia teknologi industri.


Kata kunci : prinsip kerja, bagian generator & manfaatnya dalam dunia industri


I Pendahuluan.


Pendahuluan Sebelum hubungan antara magnet dan listrik ditemukan, generator elektrostatik yang digunakan diciptakan elektrostatik prinsip. Ini sangat tinggi dihasilkan tegangan rendah dan Mereka bergerak dioperasikan dengan menggunakan bermuatan listrik sabuk, piring dan disk untuk membawa muatan ke elektroda potensial tinggi. Tuduhan ini dibuat dengan menggunakan salah satu dari dua mekanisme:
.Karena inefisiensi dan sulitnya isolasi mesin penghasil tegangan sangat tinggi, generator elektrostatik memiliki peringkat daya rendah dan tidak pernah digunakan untuk generasi komersial jumlah yang signifikan listrik. The Wimshurst mesin dan Van de Graaff generator adalah contoh dari mesin-mesin yang selamat.
Jedlik's dinamo
Pada 1827, Hungaria Anyos Jedlik mulai bereksperimen dengan perangkat elektromagnetik yang berputar disebut rotor elektromagnetik diri. Dalam prototipe satu-tiang listrik starter (selesai antara 1852 dan 1854) baik diam dan bagian-bagian bergulir elektromagnetik. Ia merumuskan konsep dinamo sedikitnya 6 tahun sebelum Nokia dan Wheatstone tetapi tidak paten sebagai dia pikir dia bukan orang pertama yang menyadari hal ini. Pada dasarnya konsep ini adalah bahwa alih-alih permanen magnet, dua elektromagnet saling berlawanan menginduksi medan magnet di rotor Penemuan itu Jedlik dekade ke depan dari waktu.
Faraday disk

Faraday disk Faraday disk


Michael Faraday menemukan prinsip operasi generator elektromagnetik
Prinsip, yang kemudian disebut hukum Faraday, adalah bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus ke medan magnet. Dia juga membangun generator elektromagnetik pertama, yang disebut 'cakram Faraday', sejenis homopolar generator, dengan menggunakan tembaga cakram berputar antara kutub tapal kuda magnet. It produced a small DC voltage. Ini menghasilkan tegangan DC kecil.


















II Bagian Dan Manfaat


The Dynamo adalah generator listrik pertama yang mampu memberikan daya untuk industri. Untuk dinamo menggunakan elektromagnetik prinsip-prinsip untuk mengubah putaran mekanik menjadi listrik langsung berdenyut arus melalui penggunaan komutator. Dinamo yang pertama dibangun oleh Hippolyte Pixii pada 1832. Melalui serangkaian penemuan tidak disengaja, untuk dinamo menjadi sumber dari banyak kemudian penemuan, termasuk DC motor listrik, AC alternator, AC motor sinkron, dan rotary converter.


Sebuah mesin dinamo terdiri dari sebuah struktur stasioner, yang memberikan medan magnet yang konstan, dan satu set gulungan berputar yang berubah dalam bidang tersebut. Mesin kecil medan magnet yang terus-menerus dapat diberikan oleh satu atau lebih permanen magnet; mesin yang lebih besar memiliki medan magnet yang konstan yang disediakan oleh satu atau lebih elektromagnet, yang biasanya disebut kumparan medan.


Pembangkit listrik dinamo besar sekarang jarang terlihat karena sekarang hampir universal penggunaan arus bolak-balik untuk distribusi daya dan keadaan padat elektronik AC ke konversi daya DC.. Tapi sebelum prinsip-prinsip AC ditemukan, sangat besar dinamo arus langsung adalah satu-satunya alat pembangkit listrik dan distribusi.. Sekarang pembangkit listrik dinamo kebanyakan adalah sebuah rasa ingin tahu.
Dua bagian utama generator atau motor dapat digambarkan dalam mekanik atau listrik baik istilah:
Mechanical:
Electrical: Electrical:

  • Armature: Kekuatan yang memproduksi komponen mesin listrik. Dalam generator, alternator, atau dinamo yang menghasilkan gulungan angker arus listrik. Dapat yang angker baik pada rotor atau stator.


  • Bidang: Medan magnet komponen mesin listrik.. Medan magnet dari dinamo atau alternator dapat disediakan baik oleh elektromagnet atau magnet permanen yang dipasang di kedua rotor atau stator.

Karena kekuasaan dipindahkan ke lapangan rangkaian jauh lebih sedikit dibandingkan di sirkuit angker, generator AC hampir selalu memiliki gulungan medan pada rotor dan stator sebagai angker berliku. Hanya sejumlah kecil arus medan harus dipindahkan ke rotor bergerak, dengan menggunakan slip cincin.Mesin arus searah harus memiliki komutator pada poros yang berputar, sehingga angker berkelok-kelok adalah pada rotor dari mesin.

Rotor dari generator di Hoover Dam, Amerika Serikat
Rangkaian setara generator dan beban ditunjukkan dalam diagram ke kanan. Untuk menentukan generator V G dan R G parameter, ikuti prosedur ini: --

  • .Sebelum memulai generator, mengukur resistensi di dalam terminal menggunakan ohmmeter.. Ini adalah resistansi internal DC R G D C.


  • Buat halaman "generator. Sebelum menghubungkan beban R L, mengukur tegangan pada terminal generator. Ini adalah tegangan rangkaian terbuka V G.


  • Hubungkan beban seperti yang ditunjukkan dalam diagram, dan mengukur tegangan dengan generator berjalan. Ini adalah beban pada tegangan V L.


  • Ukur resistansi beban R L, jika Anda belum tahu itu.


  • formula: Hitung generator AC resistansi internal R G A C dari rumus berikut:


Catatan 1: AC resistansi internal generator ketika menjalankan umumnya sedikit lebih tinggi daripada resistansi DC ketika menganggur. Prosedur di atas memungkinkan anda untuk mengukur baik nilai. Untuk hitungan kasar, Anda dapat menghilangkan pengukuran R G A C dan mengasumsikan bahwa R G A C dan R G D C adalah sama.
Catatan 2: Jika generator jenis AC, menggunakan AC voltmeter untuk pengukuran tegangan.
Para daya maksimum Teorema menyatakan bahwa daya maksimum dapat diperoleh dari generator dengan membuat resistansi beban sama dengan yang dari generator. Ini tidak efisien karena setengah kekuatan yang terbuang di internal generator perlawanan; praktis mengoperasikan generator listrik dengan load resistensi yang jauh lebih tinggi daripada resistansi internal, sehingga efisiensi yang lebih besar.




. Rangkaian ekuivalen generator dan beban.
G = Generator
V
G = generator tegangan rangkaian terbuka
R
G = resistansi internal generator
V
L = on-load generator tegangan
R
L = beban perlawanan




III. aplikasi generator di dunia industri

Kendaraan bermotor awal sampai sekitar tahun 1960-an cenderung menggunakan generator DC dengan elektromekanis regulator. Ini kini telah digantikan oleh alternator dengan built-in rectifier circuits, yang lebih murah dan lebih ringan untuk hasil yang setara. Daya alternator otomotif sistem listrik pada kendaraan dan mengisi ulang baterai setelah memulai dan ini sangat bermanfaat di industry untuk menghemat biaya.
Rated output akan biasanya berada di kisaran 50-100 A pada 12 V, tergantung pada beban listrik yang dirancang di dalam kendaraan
Beberapa mobil sekarang memiliki bertenaga listrik bantuan kemudi dan udara, yang menempatkan beban yang tinggi pada sistem listrik.. Besar kendaraan komersial lebih cenderung untuk menggunakan 24 V untuk memberikan kekuasaan yang cukup pada motor starter untuk menyerahkan besar mesin diesel.
Alternator kendaraan tidak menggunakan magnet permanen dan biasanya hanya 50-60% efisien selama rentang kecepatan yang luas. Motor alternator sering menggunakan magnet permanen stators dibuat dengan tanah jarang magnet, karena mereka dapat dibuat lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan jenis lainnya. . Lihat juga kendaraan hibrida.
Beberapa terkecil umumnya ditemukan generator listrik lampu sepeda.
Ini cenderung 0,5 ampere, alternator permanen-magnet memasok 3-6 W di 6 V atau 12 V. Menjadi didukung oleh pengendara, efisiensi adalah pada premium, jadi ini mungkin menggabungkan magnet bumi yang langka dan dirancang dan dibuat dengan sangat presisi. Namun demikian, efisiensi maksimum hanya sekitar 80% untuk yang terbaik generator ini - 60% lebih khas - karena di bagian ke gesekan gelinding pada ban-generator antarmuka dari miskin keterpaduan, ukuran kecil generator, membawa kerugian dan murah desain.
Sailing yacht mungkin menggunakan air atau angin powered menetes-generator untuk mengisi baterai Kecil baling-baling, turbin angin atau impeller terhubung ke alternator berdaya rendah dan penyearah untuk memasok arus sampai 12 A pada kecepatan berlayar khas.
Sebuah generator juga dapat didorong oleh kekuatan otot manusia (misalnya, dalam bidang peralatan stasiun radio). Powered manusia generator arus searah tersedia secara komersial, dan telah menjadi proyek dari beberapa DIY enthusiasts. Biasanya dioperasikan melalui pedal kekuasaan, yang diubah menjadi pelatih sepeda, atau pompa kaki, seperti praktis generator dapat digunakan untuk mengisi baterai, dan dalam beberapa kasus yang dirancang dengan inverter integral. Dewasa rata-rata dapat menghasilkan sekitar 125-200 watt pada pedal powered generator. . Penerima radio portabel dengan engkol dibuat untuk mengurangi persyaratan pembelian baterai, lihat jarum jam radio.
The Dynamo adalah generator listrik pertama yang mampu memberikan daya untuk industri. Untuk dinamo menggunakan elektromagnetik prinsip-prinsip untuk mengubah putaran mekanik menjadi listrik langsung berdenyut arus melalui penggunaan komutator. Dinamo yang pertama dibangun oleh Hippolyte Pixii pada 1832. Melalui serangkaian penemuan tidak disengaja, untuk dinamo menjadi sumber dari banyak kemudian penemuan, termasuk DC motor listrik, AC alternator, AC motor sinkron, dan rotary converter.
Sebuah mesin dinamo terdiri dari sebuah struktur stasioner, yang memberikan medan magnet yang konstan, dan satu set gulungan berputar yang berubah dalam bidang tersebut.. Mesin kecil medan magnet yang terus-menerus dapat diberikan oleh satu atau lebih permanen magnet; mesin yang lebih besar memiliki medan magnet yang konstan yang disediakan oleh satu atau lebih elektromagnet, yang biasanya disebut kumparan medan.
Pembangkit listrik dinamo besar sekarang jarang terlihat karena sekarang hampir universal penggunaan arus bolak-balik untuk distribusi daya dan keadaan padat elektronik AC ke konversi daya DC. Tapi sebelum prinsip-prinsip AC ditemukan, sangat besar dinamo arus langsung adalah satu-satunya alat pembangkit listrik dan distribusi. Sekarang pembangkit listrik dinamo kebanyakan adalah sebuah rasa ingin tahu.





Dinamo tidak lagi digunakan untuk pembangkit listrik karena ukuran dan kompleksitas dari komutator yang dibutuhkan untuk aplikasi daya tinggi.. Sabuk besar ini didorong oleh dinamo arus tinggi yang dihasilkan 310 volt ampere pukul 7, atau 2.170 watt, ketika berputar pada 1400 RPM.


Tanpa sebuah komutator, untuk dinamo adalah contoh dari alternator, yang merupakan makan sendiri-sendiri sinkron generator. Dengan elektromekanis komutator, untuk dinamo klasik adalah arus searah (DC) generator. Alternator harus selalu beroperasi pada kecepatan yang konstan justru disinkronisasi ke frekuensi listrik dari daya grid untuk operasi non-destruktif. Generator DC dapat beroperasi pada kecepatan apa pun dalam batas mekanis tetapi selalu keluaran bentuk gelombang arus langsung.
Generator jenis lain, seperti induksi asinkron atau makan sendiri-sendiri-generator, yang berlipat ganda-makan generator, atau luka-rotor brushless ganda-makan generator, jangan memasukkan permanen magnet atau gulungan medan (yaitu, elektromagnet) yang membentuk suatu konstan medan magnet, dan sebagai hasilnya, adalah melihat keberhasilan dalam kecepatan variabel frekuensi konstan aplikasi, seperti turbin angin atau teknologi energi terbarukan.
Output kinerja penuh dari setiap generator dapat dioptimalkan dengan kontrol elektronik tetapi hanya diberi makan dua kali lipat generator atau luka-rotor brushless ganda-makan generator menggabungkan kontrol elektronik dengan peringkat daya yang substansial kurang dari output daya generator terkendali, yang dengan sendirinya menawarkan biaya, kehandalan dan efisiensi manfaat.



Dynamo Electric Machine [Akhir View, Mostly Seksi.


IV . Referensi

  1. Langdon Crane, Magnetohydrodynamic (MHD) Power Generator: More Energi dari BBM Kurang, Issue Brief Nomor IB74057, Library of Congress Congressional Research Service, 1981, diambil dari http://digital.library.unt.edu/govdocs/crs/permalink / meta-CRS-8.402: 1 Juli 18, 2008


  2. James Stallcup (2005). Stallcup's Generator, Transformer, Motor And Compressor Book, 2005. James Stallcup (2005). Stallcup's Generator, Transformer, Motor Dan Kompresor Buku, 2005. Jones & Bartlett Publishers. Jones & Bartlett Publishers. p. 2-1.  


  3. Horst Bauer Bosch Automotive Handbook 4th Edition Robert Bosch GmbH, Stuttgart 1996 ISBN 0-8376-0333-1 , page 813 ^ Horst Bauer Bosch Otomotif Buku Pegangan Edisi 4 Robert Bosch GmbH, Stuttgart 1996 ISBN 0-8376-0333-1, halaman 813





COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Prinsip kerja Motor Listrik, sejarah motor listrik dunia industri dan aplikasinya di dunia industry”

Posting Komentar